PENINGKATAN SDM DAN PRODUK UNGGUL BIMTEK BUDIDAYA ALPUKAT DAN SAMBUNG PUCUK

Wonogiri, giriwarno.sideka.id – Dalam rangka menciptakan ikon desa, kami Pemerintah Desa Giriwarno bekerja sama dengan POSYANTEKDes Nyawiji Desa Giriwarno, Camat Girimarto, Kasi PPM Kecamatan Girimarto, PPL Pertanian, dan PUSBIKAT (Pusat Bibit dan Buah Alpukat) dari Bandungan, Semarang, Jawa Tengah mengadakan Bimbingan Teknis budidaya tanaman holtikultura, yang di fokuskan untuk tanaman alpukat dan pelatihan sambung pucuk. Bimtek ini bertujuan untuk berinovasi dalam menggunakan Teknologi Tepat Guna (TTG) dan meningkatkan kualitas SDM  dalam bidang manajemen tanaman hortikultura khususnya pada tanaman alpukat, serta kedepannya bisa meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat Desa Giriwarno. Bimtek ini dilaksanakan selama 2 hari, pada hari senin dan selasa tanggal 25-26 November 2019 bertempat di ruang pertemuan Desa Giriwarno dengan jumlah peserta 60 orang.

Dalam pembukaannya Bapak Camat Girimarto Suparmo, S.IP.MM. megatakan bahwa UU No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa, bahwasannya pemerintah dulu mencanangkan Membangun Desa tetapi sekarang pemerintah menginginkan Desa yang membangun. Maka dengan adanya bimtek ini diharapkan  desa mempunyai produk unggulan desa. Desa Giriwarno sendiri sudah mempunyai ikon dengan produk Coklat Rondo Kuningnya, maka jangan lupakan coklatnya tetapi berinovasilah antara coklat dengan alpukat sehingga mempunyai ciri khas tersendiri dalam produk unggulannya.

Keempat Narasumber yaitu Ibu Setyaningsih Ariani selaku Kasi PPM Kecamatan Girimarto menyampaikan tentang Peluang Budidaya Alpukat, bahwasannya alpukat mempunyai pangsa pasar yang bagus, daya jual yang tinggi dan kaya akan vitamin serta Alpukat bisa direkayasa dengan menggunakan teknologi tepat guna. Selanjutnya Bapak Tardi Selaku PPL Pertanian menyampaikan materi teori pengelolaan lahan alpukat, Bapak Julianta Purnama, SP selaku PP Madya Balai Penyuluhan Kecamatan Girimarto serta dari PUSBIKAT menyampaikan Teori Sambung pucuk atau Stek dan Top Working.

 

 

 

Proses dan hasil dari Top Working

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan