SOSIALISASI JUMANTIK CILIK, Cegah DBD sejak dini

SOSIALISASI JUMANTIK CILIK

WONOGIRI, giriwarno.sideka.id – TP PKK Desa Giriwarno yang diketuai oleh Ibu Juwarsi bersama Puskesmas Girimarto mengadakan sosialisasi Juru Pemantau Jentik (JUMANTIK) Cilik untuk tingkat anak sekolah dasar, Kegiatan tersebut dilaksanakan di SDN 3 Giriwarno, Selasa (30/4) dan dihadiri oleh Kapala Desa Giriwarno Bapak Slamet Widodo, Kepala Sekolah, guru, dan peserta didik SDN 3 Giriwarno.

TP PKK bersama Puskesmas Girimarto dan Kepala Sekolah dalam Sosialisasi JUMANTIK CILIK. (Dok. Desa.id, Foto : Rutik)

Tim Puskesmas Girimarto dalam sambutannya mengatakan bahwa kader Jumantik cilik akan bertugas sebagai pemantau jentik-jentik nyamuk yang berada di lingkungan sekitar kita. Dengan tujuan mencegah penyebab penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang bersumber dari nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Virus tersebut akan masuk ke aliran darah manusia melalui gigitan nyamuk. Biasanya, jenis nyamuk ini menggigit di pagi hari sampai sore menjelang petang. Faktor utama penyebab penyakit demam berdarah adalah nyamuk aedes aegypti yang menularkan penyakit melalui gigitan kepada orang lain, sehingga nyamuk aedes aegypti sebagai sumber penyakit DBD yang harus segara diberantas, tuturnya.

Senada dengan yang dikatakan dari TIM Puskesmas Girimarto, Ketua TP PKK Desa Giriwarno juga mengatakan Tujuan dibentuknya Jumantik Cilik merupakan upaya pencegahan yang dilakukan oleh kader Jumantik Cilik untuk menanggulangi tingginya kasus DBD yang terjadi. Bapak Kepala Sekolah SDN 3 Giriwarno, Kuswadi juga mendukung dan menyambut baik kegiatan sosialisasi kader jumantik cilik. Jadikan anak didik kita sebagai detektif cilik untuk mencari jentik nyamuk di sarangnya. (Admin)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan